Penmas-info. Senin 05 Pebruari 2018 Pengadilan Negeri Masohi melaksanakan Sosialisasi beberapa aplikasi online dan offline. Aplikasi tersebut merupakan DSCN3743aplikasi yang dibuat oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia dengna tujuan untuk mempermudah pelayanan pada badan peradiolan dibawahnya.

Aplikasi SIPP sebenranya bukan merupakan aplikasi baru bagi sebuah Pengadilan, namun merupakan aplikasi yang telah dibuat dan digunakan sejak tahun 2008 lalu. SIPP versi 3.2.0 merupakan peningkatan aplikasi SIPP agar dapat memenuhi kebutuhan sop penyelesaian perkara pada sebuah pengadilan, mulai dari tingkat pertama hingga Mahkamah Agung. Sosialilasi ini dibawakan oleh seorang pnitera penggani yakni sdri Telly Silalahi, SH sebagai narasumber .2

Aplikasi PTSP atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini merupakan sebuah aplikasi persuratan yang berfungsi untuk meminimalisir rantai birokrasi persuratan. Sebelum pemberlakukan mengenai kebijakan PTSP ini, birokrasi persuratan di Pengadilan Negeri Masohi sedikit berkendala, karena masi terbentuntur dengan blangko atau form surat masuk yang harus dicetak ke percetkan, selain itu form tersebut harus ditulis manual. Terlebih lagi sebalum diberlakukan PTSP proses surat menyurat sering tercecer tanpa ada yang merasa bertanggungjawab terhadapnya. Olehnya itu, Mahkamah Agung RI menerapkan sebuah sistim yang terpadu yaitu dengan mewajibkan adanya pelayanan terpadu untuk mempermudah pengelolaan persuratan di sebuah pengadilan. Ketersediaan pelayanan satu pintu di PN. Masohi mulai berjalan sejak tahun 2017 lalu, namun penggunaan aplikasi persuratan atau aplikasi PTSP baru dilaksanakan awal tahun 2018 ini. Untuk itu agar dapat berjalan maksimal hari senin tanggal 05 Pebruari 2018 dilaksanakan sosialisasi aplikasi PTSP yang3 dibawakan oleh Panitera PN. Masohi ibu Maria Matuankotta, SH

e-SKUM adalah Sistem Aplikasi Menghitung Sendiri Panjar Biaya Perkara yang dilakukan oleh Para Pencari Keadilan di Loby Utama dengan menggunakan alat e-SKUM.

Maksud dan Tujuan dalam penerapan Sistem Aplikasi e-SKUM adalah untuk memberikan pelayanan terbaik serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tujuan akhir terciptanya peningkatan kualitas pelayanan publik di pengadilan negeri agar pelayanan peradilan dapat terselenggara lebih cepat, sederhana dan berbiaya ringan. Sosialisasi E-skum dibawakan oleh staf panmud perdata sdri Jumaida Natsir, SH.

Sosialisasi dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Negeri Masohi. Sosialisasi ini juga berjalan dua arah, ada beberapa pertanyaan yang mendapat respon dari para narasumber untuk dicarikan sebuah solusi yang lebih baik. (BS)