Masohi, 11 Juli 2019

 

 Penmas-info, Kamis 11 juli 2019 | bertempat di ruang siding Utama PN. Masohi telah dilaksanakan Sosialisai Surat Keterangan Secara Elektronik (eraterang). Sosialisasi tersebut disapaikan oleh bagian Perencaan TI, dan Pelaporan Pengadilan Negeri Masohi dan didampingi langsung Oleh Ketua PN. Masohi Bpk. AGUS ARDIANTO, SH. MH., adapun sosialisasi Aplikasi eraterang ini yang ditujuakan kepada masyarakat yang ingin membuat surat keterangan.

Ada 5 Jenis layanan surat keterangan elektronik pada aplikasi eraterang, antara lain:

        1. Surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit

        2. Surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana

        3. Surat keterangan sedang tidak dicabut hak pilihnya

       4. Surat keterangan dipidana karena kealpaan ringan atau alas an politik, dan

       5. Surat Keterangan tidak meliki tanggungan utang secara perorangan dan/atau secara badan hokum yang menjadi tanggung jawabnya yang merugikan keuangan negara.

Adapun langkah-langkah pendaftaran sebagai pengguna aplikasi eraterang dapat dilihat pada link berikut. (disini). disertakan video (disini)

Dan aplikasi eraterang sendiri dapat diakses pada link berikut (disini)

Dengan diterapkan aplikasi eraterang ini masyarakat tidak perlu datang langsung ke Pengadilan Negeri Masohi untuk membuat permohonan surat keterangan, akan tetapi untuk mengambil surat keterangan yang ditandatangani oleh pengadilan, pemohon perlu datang dengan membawa berkas asli yang telah diuanggah pada saat pengisian permohonan di aplikasi eraterang.