Upacara hari kebangkitan nasional

Penmasinfo. Masohi, Senin 21 Mei 2018. Segenap hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Masohi melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 pada tanggal 21 Mei 2018 pukul 08.00 WIT. Pelaksanaan upacara dilaksanakan di halaman Pengadilan Negeri Masohi. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Masohi Bapak Samuel Ginting, S.H., M.H. bertindak sebagai Pembina Upacara dan sebagian pegawai bertindak sebagai petugas upacara. Seluruh hadirin dengan khidmat mengikuti detik-detik pelaksanaan upacara sejak awal sampai dengan selesai.

Hari Kebangkitan Nasional didasarkan kepada berdirinya organisasi bernama Boedi Oetoma pada tanggal 20 Mei 1908. Meskipun Boedi Oetoma sebagai organisasi pada saat itu hanya meliputi wilayah Jawa dan Madura namun Boedi Oetoma dianggap sebagai organisasi pertama yang menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini sebagaimana pernah disampaikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Soekarno. Atas hal tersebutlah, pemerintah menetapkan hari kelahiran Boedi Oetoma sebagai Hari Kebangkitan Nasional.Upacara hari kebangkitan nasional1

Upacara pengibaran bendera yang dilakukan oleh perwakilan pegawai berlangsung dengan lancar. Pengibaran bendera diiringi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh segenap peserta upacara. Rangkaian upacara lainnya adalah pembacaan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) yang disampaikan oleh Pembina Upacara.

Pada sambutan tersebut dinyatakan bahwa tema Hari Kebangkitan Nasional ke-110 kali ini terkait dengan era digital yaitu “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Di Era Digital”. Salah satu butir penting yang disampaikan oleh Menkominfo dalam sambutannya adalah butir kelima dari Nawacita Kabinet Kerja yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan. Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonom dan secara simultan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Berkaitan dengan tema tersebut, Menkominfo yang dibacakan oleh Pembina Upacara menekankan bahwa Hari Kebangkitan Nasional tahun ini harus dimaknai dengan upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang yang ada. Dalam hitungan tahun ke depan, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Hal menarik adalah massa tersebut akan beririsan degan generasi millenial yang sarat dengan perkembangan teknologi, terutama teknologi digital. Perkembangan teknologi ini dapat menjadi ancaman namun pada sisi lain menjadi berkah apabila manusia Indonesia mampu menaklukkannya dan memanfaatkannya dengan baik.Upacara hari kebangkitan nasional3

Kemajuan teknologi tersebut juga telah dimanfaatkan oleh dunia pengadilan. Pengadilan tidak gagap dalam menghadapi kemajuan teknologi tersebut namun dapat beradaptasi sehingga memberikan kontribusi positif bagi pengadilan. Saat ini, khususnya Pengadilan Negeri Masohi telah menggunakan sejumlah aplikasi teknologi dalam melaksanakan fungsinya khususnya layanan masyarakat.

Kembali kepada sambutan Menkominfo, hal lain yang ditekankan adalah setiap warga negara wajib menjaga persatuan dalam memecah masalah, harus berbagi beban yang sama dan jangan sampai terpecah belah.

Upacara hari kebangkitan nasional2

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Masohi Bapak Samuel Ginting, S.H., M.H., selaku pimpinan, memberikan tambahan penekanan kepada segenap hakim dan pegawai yang hadir untuk selalu menjaga kedisiplinan dalam bekerja. Setiap hakim dan pegawai untuk selalu berpedoman kepada peraturan yang berlaku di lingkungan Pengadilan Negeri Masohi antara lain waktu masuk kantor, izin kehadiran, dan waktu pulang kantor. (HBB)